Gambar Orientasi Teknis Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas di Kota Batam Tahun 2018

Orientasi Teknis Satuan PAUD dan Dikmas di Kota Batam dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 17 November 2018. Petugas supervisi Ibu Ida Ardiati, S.Pd selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut didampingi Fitrah Sri Kartika,S.Pd tiba di Dinas Pendidikan Kota Batam di mana acara tersebut diadakan sekitar pukul  14:00 wib. Kegiatan Orientasi Teknis Satuan PAUD dan Dikmas ini dilaksanakan di aula dinas Pendidikan Kota batam dan dihadiri oleh 18 orang peserta dari masing-masing lembaga. Kegiatan dibuka oleh Bapak Ali selaku Kasi Dinas Pendidikan Kota Batam. Di dalam sambutannya Bapak Ali berharap Kegiatan ini dapat membimbing dan memotivasi pengelola lembaga untuk dapat melengkapi dokumen akreditasi yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Setelah Pak Ali memberikan sambutannya dilanjutkan oleh pengarahan dari Ibu Ida Ardiati terkait kegiatan Supervisi ini.

Ibu Ida menjelaskan tujuan dari Orientasi Teknis ini adalah sebagai pembimbingan dan memotivasi peserta untuk meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing lembaga. Beliau juga akan mencek 8 standar tersebut, agar nantinya lembaga mudah dalam mengajukan akreditasi. Selain itu kedatangan Ibu Ida dan Fitrah juga memberikan dana bantuan dari BP PAUD dan Dikmas Riau kepada masing-masing lembaga untuk menggandakan dokumen akreditasi. Ibu Ida juga menyerahkan satu buah Flashdisk yang berisi acuan untuk menyusun dokumen akreditasi kepada masing-masing lembaga. Rencananya Ibu Ida dan Fitrah akan mengunjungi 3 lembaga untuk melihat sudah sejauh mana persiapan lembaga dalam menghadapi akreditasi. Beliau memilih 3 lembaga saja karena tidak memungkinkan untuk mengunjungi ke 15 lembaga terkait waktu dan jarak lembaga yang jauh. Di akhir acara, ibu ida menyerahkan Flashdisk dan istrumen penilaian akreditasi Kepada masing-masing lembaga serta melakukan foto bersama dengan peserta kegiatan.

 

Di hari kedua Ibu Ida dan Fitrah mengunjungi TK Islam Al-Barkah dengan didamping oleh Ibu Titik. Tk islam Al-Barkah merupakan tenaga pendidikan pra sekolah yang meletakkan dasar-dasar kepribadian berdasarkan agama dan budaya bangsa untuk berinteraksi dan berprestasi dilingkungan. Ibu ida dan Fitrah disambut oleh kepala sekolah TK Islam Al-Barkah. Ibu ida mengatakan bahwa kedatangannya bukan untuk menilai, tetapi untuk memotivasi lembaga. Beliau langsung mengecek dokumen kelengkapan akreditasi TK Al-Brakah, ternyata masih ada dokumen yang belum lengkap. Ibu Ida menyarankan agar dokumen segera dilengkapi. ’’Dokumen harap dilengkapi dengan mangacu pada 8 Standar tersebut agar nantinya asesor mudah memeriksa, dan jangan lupa diinput ke dalam aplikasi sispena’’ tuturnya.  Yang sangat disayangkan adalah ternyata masa akreditasi TK Al-Barkah telah habis 3 tahun yang lalu. ‘’Seharusnya Akreditasi harus dilakukan begitu masa akreditasi 3 bulan lagi akan habis’’. Ibu Ida berharap agar seluruh guru kompak untuk menyusun dokumen akreditasi ini dan dapat selesai 1 minggu setelah kegiatan orientasi ini.

   

Selanjutnya pada hari yang sama, Bu Ida dan Fitrah dengan didamping oleh Ibu titik berkunjung ke TK Pembina I kota Batam. Tk Pembina I Kota batam terdiri dari 10 orang guru PAUD. Di saat Bu Ida beserta rombongan tiba, disambut hangat oleh kepala sekolah dan murid-murid TK yang sedang bermain di teras Sekolah di saat bel istirahat. Bu Ida beserta romobongan lalu dipersilahkan ke ruangan kepala sekolah. Disanalah bu Ida membimbing dan melihat kelengkapan Dokumen TK Pembina I Kota Batam. Ibu ida Menjelaskan Susunan Dokumen, mulai dari Cover, Izin Operasional, Foto Copy NPSN, Akte Notaris, Instrumen dan Kelengkapan lainnya sesuai dengan 8 standar. Bu Ida mengatakan Bahwa kegiatan ini Bukan Hanya untuk Sekedar untuk memenuhi kegiatan supervisi, tetapi di sekolah itu harus tertata 8 standar tersebut agar nantinya begitu tamu Dinas /asesor mengunjungi sekolah bisa melihat bukti-bukti fisik yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Ibu Ida berharap seluruh satuan PAUD dan Dikmas semuanya dapat terakreditasi. ‘’jika akreditasi akan habis jangan didiamkan saja, tetapi kita harus angsur untuk mempersiapkan kembali maksimal 6 bulan sebleum masa akreditasi habis. Jangan ditunggu sampai bertahun-tahun’’ ujarnya.

  

Setelah berkunjung ke TK Pembina I Kota Batam, keesokan harinya Ibu ida dan Fitrah di dampingi oleh Ibu Ninin selaku Operator Dinas Pendidikan Kota Batam berkunjung ke SKB Kota Batam. Kedatangan tersebut disambut oleh Kepala SKB beserta stafnya. SKB Kota Batam memiliki 4 program yaitu, Program Pendidikan Kesetaraan, Program Pendidikan Kursus dan Pelatihan, Program Pendidikan Masyarakat dan Keluarga, dan Program PAUD terpadu. Ibu ida mengatakan bahwa Ujung Tombak BP PAUD dan Dikmas adalah SKB. Maka dari itu SKB harus kita bina. SKB jangan sampai kalah dengan PKBM dan PAUD. SKB harus bisa terakreditasi. Dipenghujung kegiatan sebelum berpamitan untuk kembali ke Pekanbaru Riau Ibu ida beserta kepala SKB Kota Batam dan juga beberapa pendidik dan staf melakukan foto bersama.(@fskartika)