Gambar Penerapan Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Pembiasaan Peduli Lingkungan Bagi Anak Usia 4-5 Tahun di Kabupaten Kampar

Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah yang memiliki sungai, rentan terkena dampak bencana banjir. . Karena ditemukan banyak sampah bertumpuk yang mengakibatkan aliran air sungai menjadi terhambat dan meluap ke darat  saat musim hujan tiba hingga memasuki rumah-rumah penduduk tak terkecuali lembaga PAUD yang ada dipinggiran sungai tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk pencegahan hal ini agar tidak terjadi terus menerus sepanjang musim hujan perlu adanya kesadaran menjaga kebersihan lingkungan sungai. Penerapan Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Pembiasaan  Anak Usia 4-5 tahun dalam menjaga lingkungan sejak dini agar dapat mencegah terjadinya banjir saat musim hujan di Kabupaten Kampar.

Metode: Rancangan penelitian ini digunakan untuk metode orientasi dan observasi. Orientasi dilaksanakan sebelum diadakan perbaikan pembelajaran sedangkan observasi dilaksanakan pada waktu berlangsungnya perbaikan pembelajaran.

  1. Bagaimana penerapan pembelajaran saintifik dalam upaya mengurangi terjadinya bencana banjir di Kabupaten Kampar
  2. Bagaimana penerapan pembelajaran saintifik dalam upaya meningkatkan pembiasaan anak usia 4-5 tahun  untuk tidak membuang sampah sembarangan di Kabupaten Kampar.

Hasil penelitian diperoleh adalah nilai karakter yang dapat membangun kebiasaan belajar Pembiasaan Perilaku Peduli Lingkungan
Pembiasaan Perilaku peduli lingkungan ditanamkan pada anak didik di lembaga PAUD dengan tujuan agar proses transformasi sikap yang berujung pada terpenuhinya tujuan pembelajajan pada peserta didik. Beberapa pembiasaan dalam perilaku dapat dicontohkan dalam berbagai kegiatan berikut:

  1. Membuang sampah pada tempatnya, jika memungkinkan pisahkan sampah dengan tiga item tempat sampah diantaranya (a) barang pecah belah seperti kaca, gelas, (b) organik seperti daun, (c) jenis plastik.
  2. Melakukan kegiatan menanam pohon.
  3. Kegiatan Jum'at bersih