Haris iskandar

Ir. Harris Iskandar, Ph. D.
Direktur Jendral PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan

Pembangunan pendidikan nasional  ke depan akan bertumpu pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya yang mampu mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan secara optimal. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia pada era perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dan pembangunan ekonomi kreatif.

Future national education development will lay emphasis on the paradigm of preparing Indonesia citizens who are able to harness their multidimensional potensial. This effort aims to improve the quality and competitiveness of Indonesia Human Resources (HR) in the era of knowledge based economy and creative economic development.

Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sebagai bagian dari pendidikan nasional memiliki peran penting dalam proses peniingkatan aktualisasi, potensi dan dimensi kemanusiaan dari ranah efektif, kognitif dan psikomotorik yang dilakukan sepanjang hayat. Ini merupakan proses sistematis untuk meningkatakan kemampuan dan martabat manusia secara menyeluruh. Proses ini juga menjadi upaya strategis  dalam mengembangkan potensi setiap individu sehingga cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat tercapai.

As inseparable parts of national education system, non-formal and informal education plays a fundamental role in realising a lifelong learning proces that  attempts to increas every individual’s multimendsional potensials and self-actualisation in affective, cognitive and psycomotor aspects. Systematically, this proces is to improve human capabilities and dignity. In addition, it is a strategic effort to achive the country’s aspirations of developing, humansing and civilising Indonesian Population. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan partisipasi masyarakat atau pelibatan publik dalam dunia pendidikan. Ketika pendidikan menjadi bagian hidupnya dan kehidupan publik dan negara, niscaya agenda pendidikan nasional akan dapat di tuntaskan dengan lebih cepat dan lebih baik.

One of the essential strategies that can be carried out to acheve the aspiration is by increasing public participation and engagement in education. When the country and public speak as one voice on the importance of education, the nationak education agenda can be better-fulfilled in timely manner.

Keterlibatan publik dalam program pendidikan menjadi sangat penting. Perlibatan publik dapat dimanifestasikan dalam seluruh aspek pengelolaan kebijakan yang berbasis data, riset, dan bukti lapangan untuk membantu penguatan kapasitas tata kelola birokarasi pendidikan.

Public involvement in education is a crucial factor of sucsess. It can be manifasted in various and aspect, such as data- and reserch-based policy management, as well as practicial evidence to strengthen education governance.

Peneribitan buku profil BP-PAUD dan Dikmas Riau ini menjadi salah satu upaya mewujudkan pelibatan publik dalam pendidikan. Selain menjadi sarana publikasi, penerbitan buku profil ini juga berfungsi sebagai wahana sosialisasi informasi kepada publik tentang capaian dan pengambangan program-program PAUD dan Dikmas. Pada giliranya, seluruh informasi yang tersaji dalam buku ini dapat menjadi wadah pertukaran informasi bagi BP-PAUD dan Dikmas Riau dengan para penggiat PAUD dan Dikmas di wilayah kerjanya dalam meningkatkan kapasitas dan keterlibatan masyarakat.

This Organisational Profile is published as an effort to raise public involvement in education. Whilst being a means of publication, this book serves as  a vehicle for disseminating practical information to the about the achievements and development of early childood care and education (ECCE) and community education programmes. Furthermore, this book functions as a means of information exchange between the regional centre for development of ECCE and Community Eduvation, East Java and its beneficiaries.

Akhirnya, saya berharap buku profil BP-PAUD dan Dikmas Riau ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi semua pihak terkait dalam menjalin kerja sama kemitraan bidang PAUD dan Dikmas yang berkualitas, bermanfaat, dan saling menguntungkan dengan berlandaskan gotong royong.

Lastly but most importanly, I sincerely hope this book could beb best used to realise qualified and mutually beneficial cooperation among relevant stakeholders.

 

 

Pekanbaru, 25 Agustus 2018
Direktur Jenderal

Director General

 

Ir. Harris Iskandar, Ph.D.
NIP. 1962042919860II00I